Bagian ini mencakup komponen dalam sistem UI yang menangani interaksi, seperti peristiwa mouse atau sentuh dan interaksi menggunakan keyboard atau pengontrol.
Komponen interaksi tidak terlihat sendiri, dan harus digabungkan dengan satu atau lebih komponen visual agar dapat bekerja dengan benar.
Sebagian besar komponen interaksi memiliki beberapa kesamaan. Mereka dapat dipilih, yang berarti mereka telah berbagi fungsionalitas bawaan untuk memvisualisasikan transisi antar status (normal, disorot, ditekan, dinonaktifkan), dan untuk navigasi ke pilihan lain menggunakan keyboard atau pengontrol.
Komponen interaksi memiliki setidaknya satu UnityEvent yang dipanggil saat pengguna berinteraksi dengan komponen dengan cara tertentu. Sistem UI menangkap dan mencatat setiap pengecualian yang menyebar keluar dari kode yang dilampirkan ke UnityEvent.
Button / tombol memiliki OnClick UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya saat diklik.
Toggle memiliki kotak centang Is On yang menentukan apakah Toggle saat ini aktif atau nonaktif. Nilai ini dibalik ketika pengguna mengklik Toggle, dan tanda centang visual dapat diaktifkan atau dinonaktifkan. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.
Sebuah Beralih Grup dapat digunakan untuk kelompok satu set Toggles yang saling eksklusif. Toggle yang termasuk dalam grup yang sama dibatasi sehingga hanya satu dari mereka yang dapat dipilih pada satu waktu - memilih salah satu dari mereka secara otomatis membatalkan pilihan semua yang lain.
Slider memiliki Nilai angka desimal yang dapat diseret pengguna antara nilai minimum dan maksimum. Itu bisa horizontal atau vertikal. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.
Scrollbar memiliki angka desimal Nilai antara 0 dan 1. Saat pengguna menyeret scrollbar, nilainya berubah.
Scrollbar sering digunakan bersama dengan Scroll Rect dan Mask untuk membuat tampilan scroll. Scrollbar memiliki nilai Ukuran antara 0 dan 1 yang menentukan seberapa besar pegangan sebagai sebagian kecil dari seluruh panjang scrollbar. Ini sering dikontrol dari komponen lain untuk menunjukkan seberapa besar proporsi konten dalam tampilan gulir yang terlihat. Komponen Scroll Rect dapat melakukan ini secara otomatis.
Scrollbar dapat berupa horizontal atau vertikal. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.
Dropdown memiliki daftar opsi untuk dipilih. String teks dan secara opsional gambar dapat ditentukan untuk setiap opsi, dan dapat diatur baik di Inspector atau secara dinamis dari kode. Ini memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika opsi yang dipilih saat ini diubah.
Bidang Input digunakan untuk membuat teks Elemen Teks dapat diedit oleh pengguna. Ini memiliki UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukan ketika konten teks diubah, dan yang lain untuk menentukan apa yang akan dilakukan ketika pengguna selesai mengeditnya.
Scroll Rect dapat digunakan ketika konten yang memakan banyak ruang perlu ditampilkan di area kecil. Scroll Rect menyediakan fungsionalitas untuk menggulir konten ini.
Biasanya Scroll Rect digabungkan dengan Mask untuk membuat tampilan gulir, di mana hanya konten yang dapat digulir di dalam Scroll Rect yang terlihat. Itu juga dapat digabungkan dengan satu atau dua Scrollbar yang dapat diseret untuk menggulir secara horizontal atau vertikal.
Cara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia