Komponen Interaksi Unity 3D

Bagian ini mencakup komponen dalam sistem UI yang menangani interaksi, seperti peristiwa mouse atau sentuh dan interaksi menggunakan keyboard atau pengontrol.

Komponen interaksi tidak terlihat sendiri, dan harus digabungkan dengan satu atau lebih komponen visual agar dapat bekerja dengan benar.


Baca juga:
tutorial lengkap cara menggunakan unity disini

Fungsi Umum Unity 3D

Sebagian besar komponen interaksi memiliki beberapa kesamaan. Mereka dapat dipilih, yang berarti mereka telah berbagi fungsionalitas bawaan untuk memvisualisasikan transisi antar status (normal, disorot, ditekan, dinonaktifkan), dan untuk navigasi ke pilihan lain menggunakan keyboard atau pengontrol.

Komponen interaksi memiliki setidaknya satu UnityEvent yang dipanggil saat pengguna berinteraksi dengan komponen dengan cara tertentu. Sistem UI menangkap dan mencatat setiap pengecualian yang menyebar keluar dari kode yang dilampirkan ke UnityEvent.


Button

Button / tombol memiliki OnClick UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya saat diklik.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Toggle

Toggle memiliki kotak centang Is On yang menentukan apakah Toggle saat ini aktif atau nonaktif. Nilai ini dibalik ketika pengguna mengklik Toggle, dan tanda centang visual dapat diaktifkan atau dinonaktifkan. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Toggle Group

Sebuah Beralih Grup dapat digunakan untuk kelompok satu set Toggles yang saling eksklusif. Toggle yang termasuk dalam grup yang sama dibatasi sehingga hanya satu dari mereka yang dapat dipilih pada satu waktu - memilih salah satu dari mereka secara otomatis membatalkan pilihan semua yang lain.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Slider

Slider memiliki Nilai angka desimal yang dapat diseret pengguna antara nilai minimum dan maksimum. Itu bisa horizontal atau vertikal. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Scrollbar

Scrollbar memiliki angka desimal Nilai antara 0 dan 1. Saat pengguna menyeret scrollbar, nilainya berubah.

Scrollbar sering digunakan bersama dengan Scroll Rect dan Mask untuk membuat tampilan scroll. Scrollbar memiliki nilai Ukuran antara 0 dan 1 yang menentukan seberapa besar pegangan sebagai sebagian kecil dari seluruh panjang scrollbar. Ini sering dikontrol dari komponen lain untuk menunjukkan seberapa besar proporsi konten dalam tampilan gulir yang terlihat. Komponen Scroll Rect dapat melakukan ini secara otomatis.

Scrollbar dapat berupa horizontal atau vertikal. Ia juga memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika nilainya diubah.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Dropdown

Dropdown memiliki daftar opsi untuk dipilih. String teks dan secara opsional gambar dapat ditentukan untuk setiap opsi, dan dapat diatur baik di Inspector atau secara dinamis dari kode. Ini memiliki OnValueChanged UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukannya ketika opsi yang dipilih saat ini diubah.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Input Field

Bidang Input digunakan untuk membuat teks Elemen Teks dapat diedit oleh pengguna. Ini memiliki UnityEvent untuk menentukan apa yang akan dilakukan ketika konten teks diubah, dan yang lain untuk menentukan apa yang akan dilakukan ketika pengguna selesai mengeditnya.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Scroll Rect (Scroll View)

Scroll Rect dapat digunakan ketika konten yang memakan banyak ruang perlu ditampilkan di area kecil. Scroll Rect menyediakan fungsionalitas untuk menggulir konten ini.

Biasanya Scroll Rect digabungkan dengan Mask untuk membuat tampilan gulir, di mana hanya konten yang dapat digulir di dalam Scroll Rect yang terlihat. Itu juga dapat digabungkan dengan satu atau dua Scrollbar yang dapat diseret untuk menggulir secara horizontal atau vertikal.

Tata Letak Dasar Unity 3D

Dictionary Plus+ ©2022