Cara Akses Script Dari Editor Pada Inspector Unity 3D

Menurut Wikipedia script merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.

Skrip atau kode program yang akan dijalankan umumnya akan diterjemahkan terlebih dulu dari kode sumber ke dalam P-Code, sebagai tambahan, beberapa bahasa skrip bahkan telah menyediakan kompiler JIT terintegrasi yang akan mengevaluasi serta menerjemahkan bagian-bagian kritis atas P-Code tersebut menjadi kode mesin sehingga menghasilkan eksekusi proses yang lebih cepat hingga secara relatif bisa menandingi program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman kompilatif seperti C#.

Baca juga:
tutorial lengkap cara menggunakan unity disini

Untuk membuat game menggunakan Unity 3D, kita akan menggunakan bahasa pemrograman C# (C-Sharp)

Pertama tama kita akan membuat script C#.
cara membuat script c-sharp pada unity 3D adalah sebagai berikut:

  1. Buat sebuah project Unity 3D
    Baca juga cara membuat project Unity 3D

  2. Buat sebuah script dengan cara arahkan pointer mouse pada bagian "project"
    Baca juga UI / bagian-bagian Unity 3D
    • Lalu klik pada bagian "Assets (hierarchy assets)"
    • Lalu klik kanan → Create → klik C# Script
    • Di bagian bilah sebelah kanan akan muncul secara otomatis sebuah c# script. Dengan Nama default 'NewBehaviourScript'
    • Kita bisa mengedit atau ganti nama script menjadi nama lain saat rename cursor masih aktif.
    • Sebagai contoh kita akan mengubah menjadi "Increase_score_over_time.cs"
    • Atau pada editor cukup tulis Increase_score_over_time. Setelah itu tekan enter.
    • Tunggu dan perhatikan loading indikator pada pojok kanan bawah sampai proses loading script selesai.

  3. Buka link berikut ini untuk detail isi dari script "Increase_score_over_time.cs"

  4. Buat sebuah text pada scene. Cara membuat text pada scene adalah:
    • Arahkan pointer ke bagian "Hierarchy".
    • Klik kanan pada Main Camera → UI → lalu klik Text
    • secara otomatis akan berada di bawah hierarchy canvas. Kita bisa atur ukuran huruf atau warna pada Inspector.
    • Ubah misal menjadi "Score Timer tx"

  5. Bagian selanjutnya adalah mengakses script.
    • Klik pada "Score Timer tx"
    • Pindah perhatikan bagian inspector, gulir ke bagian bawah pada inspector
    • Klik Add Component → Script → Lalu pilih Script yang akan kita gunakan.
    • Sebagai contoh kita akan gunakan "Increase_score_over_time.cs"
    • Setelah berhasil dimasukkan beberapa variable akan muncul diantaranya "Texttime", "Score", "Point per second", "Runtime"
    • Agar angka dapat ditampilkan, klik bagian bulatan kecil di sebelah kanan Texttime untuk memilih text object untuk menampilkan angka atau huruf.

Coba jalankan dan lihatlah hasilnya

Besar nilai angka akan bertambah seiring waktu.

Selamat mencoba..

Dictionary Plus+ ©2022