UI / Bagian Bagian Unity 3D

Unity UI adalah toolkit UI untuk mengembangkan antarmuka pengguna untuk game dan aplikasi. Ini adalah sistem UI berbasis GameObject yang menggunakan Komponen dan Tampilan Game untuk mengatur, memposisikan, dan gaya antarmuka pengguna. ​Anda tidak dapat menggunakan Unity UI untuk membuat atau mengubah antarmuka pengguna di Unity Editor.

Baca juga:
tutorial lengkap cara menggunakan unity disini

Ada 5 bagian utama dari tampilan Unity 3D yang akan menjadi fokus pembahasan kita. Yang nantinya akan sering kita gunakan dalam proses develop game.

UI / Bagian Bagian Unity 3D

  1. Scene
    Jendela yang digunakan untuk melihat object yang sedang d digukan. bisa juga untuk mengatur atau mengedit object tersebut.

  2. Project
    Jendela yang berisi seluruh asset yang digunakan seperti script, file gambar, file suara dan lain lain.

  3. Hierarchy
    Jendela yang berisikan game object yang digunakan di dalam scene

  4. Inspector
    Jendela yang menampilkan keterangan dari object yang sedang kita seleksi.
    Misal object text yang sedang kita seleksi, maka akan tampil keterangan dari object text tersebut. Dari ukuran, jenis font, warna dll.
    kita juga dapat mengedit object yang sedang kita seleksi dari bagian inspector ini.

  5. Game
    Jendela yang menampilkan ketika kita mencoba / menguji menjalankan game. Dengan cara menekan tombol 'Play' pada bagian atas. Kita dapat menjeda proses uji coba dengan menekan 'pause'. Dan juga kita dapat mencoba proses runing frame by frame dengan menekan 'Pause' lalu 'Step'

Dictionary Plus+ ©2022