Di bagian ini kita akan melihat bagaimana Anda dapat memposisikan elemen UI relatif terhadap Canvas dan satu sama lain. Jika Anda ingin menguji diri sendiri saat membaca, Anda dapat membuat Image menggunakan menu GameObject → UI → Image .
Setiap elemen UI direpresentasikan sebagai persegi panjang untuk tujuan tata letak. Persegi panjang ini dapat dimanipulasi di Scene View menggunakan Rect Tool di toolbar. Rect Tool digunakan baik untuk fitur 2D Unity dan untuk UI, dan bahkan dapat digunakan untuk objek 3D juga.
Rect Tool dapat digunakan untuk memindahkan, mengubah ukuran, dan memutar elemen UI. Setelah Anda memilih elemen UI, Anda dapat memindahkannya dengan mengklik di mana saja di dalam persegi panjang dan menyeretnya. Anda dapat mengubah ukurannya dengan mengklik tepi atau sudut dan menyeretnya. Elemen dapat diputar dengan mengarahkan kursor sedikit menjauh dari sudut hingga kursor mouse terlihat seperti simbol rotasi. Anda kemudian dapat mengklik dan menyeret ke salah satu arah untuk memutar.
Sama seperti alat lainnya, Rect Tool menggunakan mode dan ruang pivot saat ini, yang diatur di bilah alat. Saat bekerja dengan UI, biasanya merupakan ide bagus untuk tetap mengaturnya ke Pivot dan Local .
Rect Transform adalah komponen baru transformasi yang digunakan untuk semua elemen UI bukan biasa Transform komponen.
Rect Transforms memiliki posisi, rotasi, dan skala seperti Transforms biasa, tetapi juga memiliki lebar dan tinggi, yang digunakan untuk menentukan dimensi persegi panjang.
Ketika Rect Tool digunakan untuk mengubah ukuran suatu objek, biasanya untuk Sprite di sistem 2D dan untuk objek 3D akan mengubah skala lokal objek. Namun, ketika digunakan pada objek dengan Rect Transform di atasnya, itu akan mengubah lebar dan tinggi, menjaga skala lokal tidak berubah. Pengubahan ukuran ini tidak akan memengaruhi ukuran font, batas pada gambar yang diiris, dan sebagainya.
Rotasi, ukuran, dan modifikasi skala terjadi di sekitar pivot sehingga posisi pivot memengaruhi hasil rotasi, pengubahan ukuran, atau penskalaan. Ketika tombol Pivot toolbar diatur ke mode Pivot, pivot dari Rect Transform dapat dipindahkan dalam Scene View.
Rect Transforms menyertakan konsep tata letak yang disebut jangkar . Jangkar ditampilkan sebagai empat pegangan segitiga kecil di Tampilan Pemandangan dan informasi jangkar juga ditampilkan di Inspektur.
Jika induk dari Rect Transform juga merupakan Rect Transform, anak Rect Transform dapat ditambatkan ke induk Rect Transform dengan berbagai cara. Misalnya, anak dapat ditambatkan ke pusat orang tua, atau ke salah satu sudut.
Penahan juga memungkinkan anak untuk meregangkan bersama dengan lebar atau tinggi orang tua. Setiap sudut persegi panjang memiliki offset tetap ke jangkar yang sesuai, yaitu sudut kiri atas persegi panjang memiliki offset tetap ke jangkar kiri atas, dll. Dengan cara ini berbagai sudut persegi panjang dapat ditambatkan ke titik yang berbeda di persegi panjang induk.
Posisi jangkar ditentukan dalam pecahan (atau persentase) dari lebar dan tinggi persegi panjang induk. 0,0 (0%) sesuai dengan sisi kiri atau bawah, 0,5 (50%) ke tengah, dan 1,0 (100%) ke sisi kanan atau atas. Tapi jangkar tidak terbatas pada sisi dan tengah; mereka dapat ditambatkan ke titik mana pun di dalam persegi panjang induk.
Anda dapat menyeret setiap jangkar satu per satu, atau jika mereka bersama-sama, Anda dapat menyeretnya bersama-sama dengan mengklik di tengah di antara mereka dan menyeret. Jika Anda menahan tombol Shift sambil menyeret jangkar, sudut persegi panjang yang sesuai akan bergerak bersama dengan jangkar.
Fitur yang berguna dari pegangan jangkar adalah bahwa mereka secara otomatis masuk ke jangkar persegi panjang bersaudara untuk memungkinkan pemosisian yang tepat.
Di Inspector, tombol Anchor Preset dapat ditemukan di sudut kiri atas komponen Rect Transform. Mengklik tombol akan menampilkan dropdown Anchor Presets. Dari sini Anda dapat dengan cepat memilih dari beberapa opsi penahan yang paling umum. Anda dapat menambatkan elemen UI ke sisi atau tengah induk, atau meregangkan bersama dengan ukuran induk. Penahan horizontal dan vertikal adalah independen.
Tombol Anchor Presets menampilkan opsi preset yang dipilih saat ini jika ada. Jika jangkar pada sumbu horizontal atau vertikal diatur ke posisi yang berbeda dari preset mana pun, opsi kustom akan ditampilkan.
Anda dapat mengklik panah ekspansi Jangkar untuk membuka bidang nomor jangkar jika belum terlihat. Jangkar Min sesuai dengan pegangan jangkar kiri bawah di Tampilan Pemandangan, dan Jangkar Max sesuai dengan pegangan kanan atas.
Bidang posisi persegi panjang ditampilkan secara berbeda tergantung pada apakah jangkar bersama-sama (yang menghasilkan lebar dan tinggi tetap) atau terpisah (yang menyebabkan persegi panjang meregang bersama dengan persegi panjang induk).
Ketika semua pegangan jangkar disatukan, bidang yang ditampilkan adalah Pos X, Pos Y, Lebar dan Tinggi. Nilai Pos X dan Pos Y menunjukkan posisi poros relatif terhadap jangkar.
Saat jangkar dipisahkan, bidang dapat berubah sebagian atau seluruhnya ke Kiri, Kanan, Atas, dan Bawah. Bidang-bidang ini menentukan padding di dalam persegi panjang yang ditentukan oleh jangkar. Bidang Kiri dan Kanan digunakan jika jangkar dipisahkan secara horizontal dan bidang Atas dan Bawah digunakan jika jangkar dipisahkan secara vertikal.
Perhatikan bahwa mengubah nilai di bidang jangkar atau pivot biasanya akan menyesuaikan nilai pemosisian untuk membuat persegi tetap di tempatnya. Jika ini tidak diinginkan, aktifkan mode edit Raw dengan mengklik tombol R di Inspector. Hal ini menyebabkan nilai anchor dan pivot dapat diubah tanpa adanya perubahan nilai lain sebagai akibatnya. Ini kemungkinan akan menyebabkan persegi panjang dipindahkan atau diubah ukurannya secara visual, karena posisi dan ukurannya bergantung pada nilai jangkar dan pivot.
Cara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia