Dilansir dari dokumentasi Unity, Teks untuk elemen UI dan mesh teks dapat menggabungkan beberapa gaya dan ukuran font. Teks kaya didukung baik untuk Sistem UI dan sistem GUI lama. Kelas Teks, GUIStyle, GUIText dan TextMesh memiliki pengaturan Teks Kaya yang menginstruksikan Unity untuk mencari tag markup di dalam teks. Fungsi Debug.Log juga dapat menggunakan tag markup ini untuk menyempurnakan laporan kesalahan dari kode. Tag tidak ditampilkan tetapi menunjukkan perubahan gaya yang akan diterapkan pada teks.
Sistem markup terinspirasi oleh HTML tetapi tidak dimaksudkan untuk sepenuhnya kompatibel dengan HTML standar. Ide dasarnya adalah bahwa bagian teks dapat diapit di dalam sepasang tag yang cocok:-
Ada <b>Pengumuman</b> Penting.
Seperti yang diperlihatkan contoh, tag hanyalah potongan teks di dalam karakter "kurung siku", <
dan>
.
Anda menempatkan tag pembuka di awal bagian. Teks di dalam tag menunjukkan namanya (yang dalam hal ini hanya b ).
Anda menempatkan tag lain di akhir bagian. Ini adalah tag penutup . Ini memiliki nama yang sama dengan tag pembuka, tetapi namanya diawali dengan /
karakter garis miring . Setiap tag pembuka harus memiliki tag penutup yang sesuai. Jika Anda tidak menutup tag pembuka, tag tersebut akan ditampilkan sebagai teks biasa.
Tag tidak ditampilkan kepada pengguna secara langsung tetapi ditafsirkan sebagai instruksi untuk menata gaya teks yang disertakan. b
tag yang digunakan dalam contoh di atas berlaku tebal untuk kata "not", sehingga menghasilkan teks sebagai:
Ada Pengumuman Penting
Bagian teks yang diberi markup (termasuk tag yang melingkupinya) disebut sebagai elemen .
Dimungkinkan untuk menerapkan lebih dari satu gaya ke bagian teks dengan "menyarangkan" satu elemen di dalam elemen lainnya
Ada <b><i>Pengumuman</i></b> Penting.
<i>
tag digunakan untuk teks miring, sehingga menghasilkan teks sebagai:
Ada Pengumuman Penting
Perhatikan urutan tag penutup, yang kebalikan dari tag pembuka. Alasan untuk ini mungkin lebih jelas ketika Anda mempertimbangkan bahwa tag bagian dalam tidak perlu menjangkau seluruh teks dari elemen terluar
Ada <b>Pengumuman <i>Yang Sangat</i></b> Penting.
Sehingga menghasilkan teks sebagai:
Ada Pengumuman Yang Sangat Penting
Beberapa tag memiliki efek semua-atau-tidak sama sekali sederhana pada teks tetapi yang lain mungkin memungkinkan variasi. Misalnya, label warna perlu mengetahui warna mana yang akan diterapkan. Informasi seperti ini ditambahkan ke tag dengan menggunakan parameter :
Mobil truk warna <color=green>hijau</color> keren
.
Akan menghasilkan ini:
Mobil truk warna hijau keren
Perhatikan bahwa tag penutup tidak menyertakan nilai parameter. Secara opsional, nilai dapat diapit oleh tanda kutip tetapi ini tidak diperlukan.
Parameter tag tidak boleh menyertakan spasi kosong. Sebagai contoh:
Mobil truk warna <color = green>hijau</color> keren
.
tidak berfungsi karena spasi di kedua sisi =
karakter.
Daftar berikut menjelaskan semua tag gaya yang didukung oleh Unity.
Tag | Keterangan | Contoh | Catatan |
---|---|---|---|
b | Membuat teks dalam huruf tebal. | Ada <b>Pengumuman</b> Penting. | - |
i | Merender teks dalam huruf miring. | Ada <i>Pengumuman</i> Penting. | |
size | Menyetel ukuran teks sesuai dengan nilai parameter, yang diberikan dalam piksel. | Mobil truk itu <size=50>besar</size> dan keren . | Meskipun tag ini tersedia untuk Debug.Log, Anda akan menemukan bahwa spasi baris di bilah jendela dan Konsol terlihat aneh jika ukurannya diatur terlalu besar. |
color | Mengatur warna teks sesuai dengan nilai parameter. Warna dapat ditentukan dalam format HTML tradisional. #rrggbbaa...di mana huruf sesuai dengan pasangan digit heksadesimal yang menunjukkan nilai merah, hijau, biru dan alfa (transparansi) untuk warna. Misalnya, cyan pada opacity penuh akan ditentukan oleh color=#00ffffff... Anda dapat menentukan nilai heksadesimal dalam huruf besar atau kecil; #FF0000adalah setara dengan #ff0000. | Mobil truk warna <color=green>hijau</color> keren . | Pilihan lainnya adalah menggunakan nama warna. Ini lebih mudah dipahami tetapi tentu saja, rentang warna terbatas dan opacity penuh selalu diasumsikan.<color=cyan> contoh text </color> |
material | Ini hanya berguna untuk mesh teks dan merender bagian teks dengan materi yang ditentukan oleh parameter. Nilainya adalah indeks ke dalam susunan bahan mesh teks seperti yang ditunjukkan oleh inspektur. | ini adalah <material=2>contoh text</material> dari material | |
quad | Ini hanya berguna untuk mesh teks dan membuat gambar sejajar dengan teks. Dibutuhkan parameter yang menentukan bahan yang akan digunakan untuk gambar, tinggi gambar dalam piksel, dan empat lainnya yang menunjukkan area persegi panjang dari gambar yang akan ditampilkan. Tidak seperti tag lainnya, quad tidak mengelilingi sepotong teks sehingga tidak ada tag penutup - karakter garis miring ditempatkan di akhir tag awal untuk menunjukkan bahwa itu "menutup sendiri". | <quad material=1 size=20 x=0.1 y=0.1 width=0.5 height=0.5> | Ini memilih material pada posisi dalam susunan material perender dan menyetel ketinggian gambar menjadi 20 piksel. Area persegi panjang gambar dimulai dari nilai x, y, lebar dan tinggi, yang semuanya diberikan sebagai pecahan dari lebar dan tinggi tekstur yang tidak diskalakan. |
Tabel berikut mencantumkan warna yang dapat Anda gunakan namanya sebagai ganti tag heksadesimal dalam <color>
tag teks kaya.
Nama Warna | Nilai Heksagonal |
aqua (sama seperti cyan) | #00ffffff |
hitam | #000000ff |
biru | #0000ffff |
cokelat | #a52a2aff |
cyan (sama seperti aqua) | #00ffffff |
biru tua | #0000a0ff |
fuchsia (sama seperti magenta) | #ff00ffff |
hijau | #008000ff |
abu-abu | #808080ff |
biru muda | #add8e6ff |
lime | #00ff00ff |
magenta (sama seperti fuchsia) | #ff00ffff |
maroon | #800000ff |
navy | #000080ff |
olive | #808000ff |
orange | #ffa500ff |
ungu | #800080ff |
merah | #ff0000ff |
silver | #c0c0c0ff |
teal | #008080ff |
putih | #ffffffff |
kuning | #ffff00ff |
Teks kaya dinonaktifkan secara default di sistem GUI editor tetapi dapat diaktifkan secara eksplisit menggunakan GUIStyle khusus.richTextproperti
harus diatur ke benar dan gaya diteruskan ke fungsi GUI dalam pertanyaan:
1GUIStyle style = new GUIStyle ();
2style.richText = true;
3GUILayout.Label("<size=30>Some <color=yellow>RICH</color> text</size>",style);
Cara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia