Canvas adalah area yang semua elemen UI harus berada di dalam. Canvas adalah Objek Game dengan komponen Canvas di atasnya, dan semua elemen UI harus merupakan turunan dari Canvas tersebut.
Membuat elemen UI baru, seperti Gambar menggunakan menu GameObject → UI → Gambar , secara otomatis membuat Kanvas, jika belum ada Kanvas dalam adegan. Elemen UI dibuat sebagai turunan dari Canvas ini.
Area Canvas ditampilkan sebagai persegi panjang di Scene View. Hal ini memudahkan untuk memposisikan elemen UI tanpa harus membuat Tampilan Game terlihat setiap saat.
Elemen UI di Canvas digambar dalam urutan yang sama seperti yang muncul di Hierarchy. Anak pertama diurutan pertama, anak kedua berikutnya, dan seterusnya. Jika dua elemen UI tumpang tindih, yang terakhir akan muncul di atas yang sebelumnya.
Untuk mengubah elemen mana yang muncul di atas elemen lain, cukup susun ulang elemen dalam Hirarki dengan menyeretnya. Urutan juga dapat dikontrol dari skrip dengan menggunakan metode berikut pada komponen Transform: SetAsFirstSibling, SetAsLastSibling, dan SetSiblingIndex.
Kanvas memiliki pengaturan Mode Render yang dapat digunakan untuk membuatnya dirender di ruang layar atau ruang dunia.
Mode render ini menempatkan elemen UI pada layar yang dirender di atas layar. Jika layar diubah ukurannya atau resolusinya berubah, Kanvas akan secara otomatis mengubah ukuran agar sesuai dengan ini.
Ini mirip dengan Screen Space - Overlay , tetapi dalam mode render ini Canvas ditempatkan pada jarak tertentu di depan Kamera tertentu . Elemen UI dirender oleh kamera ini, yang berarti bahwa setelan Kamera memengaruhi tampilan UI. Jika Kamera diatur ke Perspektif , elemen UI akan dirender dengan perspektif, dan jumlah distorsi perspektif dapat dikontrol oleh Bidang Pandang Kamera . Jika layar diubah ukurannya, resolusinya berubah, atau frustum kameranya berubah, Kanvas akan secara otomatis mengubah ukuran agar sesuai juga.
Dalam mode render ini, Kanvas akan berperilaku seperti objek lain di tempat kejadian. Ukuran Kanvas dapat diatur secara manual menggunakan Rect Transform, dan elemen UI akan dirender di depan atau di belakang objek lain dalam adegan berdasarkan penempatan 3D. Ini berguna untuk UI yang dimaksudkan untuk menjadi bagian dari dunia. Ini juga dikenal sebagai "antarmuka diegetik".
Cara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia