Dilansir dari dokumentasi Unity, Event System adalah cara mengirimkan event ke objek dalam aplikasi berdasarkan input, baik itu keyboard, mouse, sentuhan, atau input kustom. Event System terdiri dari beberapa komponen yang bekerja sama untuk mengirim acara.
Saat Anda menambahkan komponen Event System ke GameObject, Anda akan melihat bahwa itu tidak memiliki banyak fungsi yang diekspos, ini karena Event System itu sendiri dirancang sebagai manajer dan fasilitator komunikasi antara modul Event System.
Peran utama dari Event System adalah sebagai berikut:
Modul Input adalah tempat logika utama tentang bagaimana Anda ingin Event System menjadi aktif, mereka digunakan untuk:
Hanya satu Modul Input yang dapat aktif di Event System pada satu waktu, dan mereka harus menjadi komponen pada GameObject yang sama dengan komponen Event System.
Jika Anda ingin menulis Modul Input khusus, kirim acara yang didukung oleh komponen UI yang ada di Unity.
Raycasters digunakan untuk mencari tahu apa pointer berakhir. Modul Input biasanya menggunakan Raycaster yang dikonfigurasi di Scene untuk menghitung apa yang berakhir dengan perangkat penunjuk.
Ada 3 Raycaster yang disediakan yang ada secara default:
Jika Anda memiliki Raycaster 2d / 3d yang dikonfigurasi di Scene Anda, mudah untuk membuat elemen non-UI menerima pesan dari Modul Input. Cukup lampirkan skrip yang mengimplementasikan salah satu antarmuka acara.
Cara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia