Unity adalah game engine lintas platform yang dikembangkan oleh Unity Technologies, pertama kali diumumkan dan dirilis pada Juni 2005 di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple Inc. sebagai mesin permainan eksklusif Mac OS X. Sejak saat itu, mesin tersebut telah diperluas secara bertahap untuk mendukung berbagai platform desktop, seluler, konsol, dan realitas virtual. Ini sangat populer untuk pengembangan game seluler iOS dan Android dan digunakan untuk game seperti Pokémon Go, Monument Valley, Call of Duty: Mobile, Beat Saber, dan Cuphead. Ini disebut-sebut mudah digunakan untuk pengembang pemula dan populer untuk pengembangan game indie. Mesin tersebut dapat digunakan untuk membuat game tiga dimensi (3D) dan dua dimensi (2D), serta simulasi interaktif dan pengalaman lainnya. Mesin telah diadopsi oleh industri di luar video game, seperti film, otomotif, arsitektur, teknik, konstruksi, dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Beberapa versi utama Unity telah dirilis sejak diluncurkan.
Unity game engine diluncurkan pada tahun 2005, bertujuan untuk "mendemokratisasikan" pengembangan game dengan membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak pengembang. Tahun berikutnya, Unity dinobatkan sebagai runner-up dalam kategori Best Use of Mac OS X Graphics di Apple Design Awards Apple Inc.. Unity awalnya dirilis untuk Mac OS X, kemudian menambahkan dukungan untuk Microsoft Windows dan browser Web. Unity 2.0 diluncurkan pada tahun 2007 dengan sekitar 50 fitur baru. Rilis ini mencakup mesin medan yang dioptimalkan untuk lingkungan 3D yang terperinci, bayangan dinamis waktu nyata, lampu arah dan lampu sorot, pemutaran video, dan fitur lainnya. Rilis ini juga menambahkan fitur di mana pengembang dapat berkolaborasi dengan lebih mudah. Ini termasuk Lapisan Jaringan bagi pengembang untuk membuat game multipemain berdasarkan Protokol Datagram Pengguna, menawarkan Terjemahan Alamat Jaringan, Sinkronisasi Negara, dan Panggilan Prosedur Jarak Jauh. Ketika Apple meluncurkan App Store pada tahun 2008, Unity dengan cepat menambahkan dukungan untuk iPhone. Selama beberapa tahun, mesin itu tidak terbantahkan di iPhone dan menjadi terkenal dengan pengembang game iOS. Unity 3.0 diluncurkan pada September 2010 dengan fitur yang memperluas fitur grafis mesin untuk komputer desktop dan konsol video game. Selain dukungan Android, Unity 3 menampilkan integrasi alat Beast Lightmap Illuminate Labs, rendering yang ditangguhkan, editor pohon bawaan, rendering font asli, pemetaan UV otomatis, dan filter audio, antara lain. Pada tahun 2012 VentureBeat menulis, "Beberapa perusahaan telah memberikan kontribusi sebanyak itu untuk mengalirkan game yang diproduksi secara independen seperti Unity Technologies. Lebih dari 1,3 juta pengembang menggunakan alatnya untuk membuat grafik gee-whiz di iOS, Android, konsol mereka , PC, dan game berbasis web. Unity ingin menjadi mesin untuk game multi-platform. Sebuah survei Mei 2012 oleh majalah Game Developer menunjukkan Unity sebagai mesin game teratas untuk platform seluler. Pada November 2012, Unity Technologies menghadirkan Unity 4.0. Versi ini menambahkan dukungan DirectX 11 dan Adobe Flash, alat animasi baru yang disebut Mecanim, dan akses ke pratinjau Linux. Facebook mengintegrasikan kit pengembangan perangkat lunak untuk game menggunakan mesin game Unity pada tahun 2013. Ini menampilkan alat yang memungkinkan pelacakan kampanye iklan dan tautan dalam, di mana pengguna secara langsung ditautkan dari pos media sosial ke bagian tertentu dalam game, dan berbagi gambar dalam game dengan mudah.[16] Pada tahun 2016, Facebook mengembangkan platform game PC baru dengan Unity. Unity memberikan dukungan untuk platform game Facebook, dan pengembang Unity dapat lebih cepat mengekspor dan mempublikasikan game ke Facebook.
Baca juga:The Verge mengatakan tentang rilis Unity 5 tahun 2015: "Unity dimulai dengan tujuan membuat pengembangan game dapat diakses secara universal. Unity 5 adalah langkah yang telah lama ditunggu-tunggu menuju masa depan itu." Dengan Unity 5, mesinnya ditingkatkan pencahayaan dan audionya. Melalui WebGL, pengembang Unity dapat menambahkan game mereka ke browser Web yang kompatibel tanpa memerlukan plug-in untuk pemain. Unity 5.0 menawarkan iluminasi global waktu nyata, pratinjau pemetaan cahaya, Unity Cloud, sistem audio baru, dan mesin fisika Nvidia PhysX 3.3. Generasi kelima dari mesin Unity juga memperkenalkan Efek Gambar Sinematik untuk membantu membuat game Unity terlihat kurang umum. Unity 5.6 menambahkan efek pencahayaan dan partikel baru, memperbarui kinerja mesin secara keseluruhan, dan menambahkan dukungan asli untuk Nintendo Switch, Facebook Gameroom, Google Daydream, dan API grafis Vulkan. Ini memperkenalkan pemutar video 4K yang mampu menjalankan video 360 derajat untuk realitas virtual. Namun, beberapa gamer mengkritik aksesibilitas Unity karena tingginya volume game yang diproduksi dengan cepat dan dipublikasikan di platform distribusi Steam oleh pengembang yang tidak berpengalaman. CEO John Riccitiello mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia percaya ini sebagai efek samping dari keberhasilan Unity dalam mendemokratisasikan pengembangan game: "Jika saya bisa, saya ingin melihat 50 juta orang menggunakan Unity - meskipun saya tidak berpikir kita akan sampai di sana dalam waktu dekat. Saya ingin melihat anak-anak sekolah menengah dan perguruan tinggi menggunakannya, orang-orang di luar industri inti. Saya rasa menyedihkan bahwa kebanyakan orang adalah konsumen teknologi dan bukan pembuat konten. Dunia menjadi lebih baik tempat di mana orang tahu cara membuat, bukan hanya mengonsumsi, dan itulah yang coba kami promosikan."
Pada bulan Desember 2016, Unity Technologies mengumumkan bahwa mereka akan mengubah sistem penomoran versi untuk Unity dari pengidentifikasi berbasis urutan ke tahun rilis untuk menyelaraskan versi dengan irama rilis yang lebih sering; Oleh karena itu, Unity 5.6 diikuti oleh Unity 2017. Alat Unity 2017 menampilkan mesin rendering grafik waktu nyata, penilaian warna dan pembangunan dunia, analitik operasi langsung, dan pelaporan kinerja. Unity 2017.2 menggaris bawahi rencana Unity Technologies di luar video game. Ini termasuk alat-alat baru seperti Timeline, yang memungkinkan pengembang untuk drag-and-drop animasi ke dalam game, dan Cinemachine, sistem kamera pintar dalam game. Unity 2017.2 juga mengintegrasikan alat 3DS Max dan Maya Autodesk ke dalam mesin Unity untuk proses iterasi berbagi aset dalam game yang efisien. Unity 2018 menampilkan Scriptable Render Pipeline bagi pengembang untuk membuat grafik kelas atas. Ini termasuk Pipa Rendering Definisi Tinggi untuk pengalaman konsol dan PC, dan Pipa Rendering Ringan untuk seluler, realitas virtual, realitas tertambah, dan realitas campuran. Unity 2018 juga menyertakan alat pembelajaran mesin, seperti Pembelajaran Imitasi, di mana game belajar dari kebiasaan pemain nyata, dukungan untuk Magic Leap, dan template untuk pengembang baru. Kode sumber C# dari Unity diterbitkan di bawah lisensi "hanya referensi" pada Maret 2018, melarang penggunaan kembali dan modifikasi. Pada tahun 2020, perangkat lunak yang dibuat dengan mesin permainan Unity telah berjalan di lebih dari 1,5 miliar perangkat. Menurut Unity, aplikasi yang dibuat dengan mesin game mereka menyumbang 50 persen dari semua game seluler, dan diunduh lebih dari 3 miliar kali per bulan, dan sekitar 15.000 proyek baru dimulai setiap hari dengan perangkat lunaknya. Financial Times melaporkan bahwa mesin Unity "menggerakkan beberapa game seluler paling menguntungkan di dunia", seperti Pokémon Go dan Call of Duty Mobile dari Activision. Pada Juni 2020, Unity memperkenalkan Mixed and Augmented Reality Studio (MARS), yang menyediakan fungsionalitas tambahan bagi pengembang untuk pembuatan aplikasi augmented reality (AR) berbasis aturan. Unity merilis Unity Forma, alat solusi otomotif dan ritel, pada 9 Desember 2020. Unity mengakuisisi Finger Food Advanced Technology Group pada tahun 2020, karena bertujuan untuk meningkatkan penggunaan non-video game dan menawarkan bantuan desain tambahan kepada pelanggan. Perusahaan go public pada September 2020, untuk lebih memperluas penggunaan mesin gamenya ke dalam industri di luar game.
Unity memberi pengguna kemampuan untuk membuat game dan pengalaman dalam 2D dan 3D, dan mesinnya menawarkan API skrip utama dalam C#, baik untuk editor Unity dalam bentuk plugin, dan game itu sendiri, serta fungsionalitas seret dan lepas. Sebelum C# menjadi bahasa pemrograman utama yang digunakan untuk mesin, C# sebelumnya mendukung Boo, yang dihapus dengan rilis Unity 5, dan versi JavaScript yang disebut UnityScript, yang tidak digunakan lagi pada Agustus 2017, setelah rilis Unity 2017.1, mendukung C#. Dalam game 2D, Unity memungkinkan impor sprite dan penyaji dunia 2D tingkat lanjut. Untuk game 3D, Unity memungkinkan spesifikasi kompresi tekstur, mipmaps, dan pengaturan resolusi untuk setiap platform yang didukung oleh mesin game, dan menyediakan dukungan untuk pemetaan bump, pemetaan refleksi, pemetaan paralaks, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic bayangan menggunakan peta bayangan, render-to-texture dan efek pasca-pemrosesan layar penuh.
Unity adalah mesin lintas platform. Editor Unity didukung pada platform Windows, macOS, dan Linux, sedangkan mesinnya sendiri saat ini mendukung pembuatan game untuk lebih dari 19 platform berbeda, termasuk seluler, desktop, konsol, dan realitas virtual.[40][41] Platform yang didukung secara resmi pada Unity 2020 LTS adalah: Platform seluler iOS, Android[43] (Android TV), tvOS; Platform desktop Windows (Platform Windows Universal), Mac, Linux; Platform web WebGL; Platform konsol PlayStation (PS4, PS5), Xbox (Xbox One, Xbox Series X/S), Nintendo Switch, Stadia; Platform realitas virtual/extended Oculus, PlayStation VR, Google ARCore, Apple ARKit, Windows Mixed Reality (HoloLens), Magic Leap, dan melalui Unity XR SDK Steam VR, Google Karton. Sebelumnya platform yang didukung adalah Wii, Wii U, PlayStation 3, Xbox 360, Tizen, PlayStation Vita, 3DS, BlackBerry 10, Windows Telepon 8, Samsung Smart TV, Gear VR, Daydream, Vuforia, dan Facebook Gameroom. Pada 2018, Unity telah digunakan untuk membuat sekitar setengah dari game seluler di pasar dan 60 persen konten augmented reality dan virtual reality, termasuk sekitar 90 persen pada platform augmented reality yang sedang berkembang, seperti Microsoft HoloLens, dan 90 persen konten Samsung Gear VR. Teknologi Unity adalah dasar untuk sebagian besar pengalaman realitas virtual dan augmented reality, dan Fortune mengatakan Unity "mendominasi bisnis realitas virtual". Unity Machine Learning Agents adalah perangkat lunak sumber terbuka tempat platform Unity terhubung ke program pembelajaran mesin, termasuk TensorFlow Google. Menggunakan trial and error di Unity Machine Learning Agents, karakter virtual menggunakan pembelajaran penguatan untuk membangun strategi kreatif dalam lanskap virtual yang nyata. Perangkat lunak ini digunakan untuk mengembangkan robot dan mobil self-driving. Unity sebelumnya mendukung platform lain termasuk Unity Web Player miliknya sendiri, sebuah plugin browser Web. Namun, itu ditinggalkan demi WebGL. Sejak versi 5, Unity telah menawarkan bundel WebGL yang dikompilasi ke JavaScript menggunakan penerjemah bahasa 2 tahap (C# ke C++ dan terakhir ke JavaScript). Unity adalah perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) default yang digunakan untuk konsol video game Nintendo Wii U, dengan salinan gratis yang disertakan oleh Nintendo dengan setiap lisensi pengembang Wii U. Unity Technologies menyebut bundling SDK pihak ketiga ini sebagai "industri pertama".
Selama sepuluh tahun pertama sebagai sebuah produk, versi berbayar dari Unity terjual habis; pada tahun 2016, perusahaan berubah menjadi model berlangganan. Unity memiliki opsi lisensi gratis dan berbayar. Lisensi gratis untuk penggunaan pribadi atau perusahaan kecil yang menghasilkan kurang dari $100.000 per tahun, kemudian dinaikkan menjadi $200.000, dan langganan didasarkan pada pendapatan yang dihasilkan oleh game menggunakan Unity. Opsi berbayar, Unity Pro, diperlukan untuk pengembang yang memiliki pendapatan tahunan lebih dari $200.000, tetapi ini juga dapat disediakan untuk pengembang konsol melalui Lisensi Platform Pilihan dari produsen konsol. Kunci Unity Pro akan menjadi bagian dari SDK lain dari produsen konsol yang dibayar oleh pengembang. Pada Juni 2021, Unity sedikit mengubah rencana ini untuk mewajibkan pengembang membuat game di sistem konsol tertutup (PlayStation, Nintendo Switch, dan Xbox) terlepas dari pendapatan untuk memiliki lisensi Unity Pro atau Kunci Lisensi Platform Pilihan dari produsen. Sony dan Nintendo menyediakan ini sebagai bagian dari SDK, tetapi Microsoft belum menerapkan fungsi ini untuk SDK mereka. Kode sumber mesin dilisensikan berdasarkan "per-kasus melalui pengaturan khusus".
Kreator dapat mengembangkan dan menjual aset buatan pengguna ke pembuat game lain melalui Unity Asset Store. Ini termasuk aset dan lingkungan 3D dan 2D bagi pengembang untuk membeli dan menjual. Unity Asset Store diluncurkan pada 2010. Pada 2018, ada sekitar 40 juta unduhan melalui toko digital.
Pada tahun 2010, Unity Technologies menggunakan mesin permainannya untuk bertransisi ke industri lain menggunakan platform 3D waktu nyata, termasuk film dan otomotif. Unity pertama kali bereksperimen dalam pembuatan film dengan Adam, sebuah film pendek tentang robot yang melarikan diri dari penjara. Kemudian, Unity bermitra dengan pembuat film Neill Blomkamp, yang Oats Studios-nya menggunakan peralatan mesin, termasuk rendering waktu nyata dan Cinemachine, untuk membuat dua film pendek yang dihasilkan komputer, Adam: The Mirror dan Adam: The Prophet. Pada konferensi Unite Europe 2017 di Amsterdam, Unity berfokus pada pembuatan film dengan alat Cinemachine baru Unity 2017.1. Pada tahun 2018, Disney Television Animation meluncurkan tiga film pendek, yang disebut Baymax Dreams, yang dibuat menggunakan mesin Unity. Mesin Unity juga digunakan oleh Disney untuk membuat latar belakang film 2019 The Lion King. Pembuat mobil menggunakan teknologi Unity untuk membuat model skala penuh kendaraan baru dalam realitas virtual, membangun jalur perakitan virtual, dan melatih pekerja.[83] Mesin Unity digunakan oleh DeepMind, sebuah perusahaan Alphabet Inc., untuk melatih kecerdasan buatan. Kegunaan lain yang dikejar oleh Unity Technologies termasuk arsitektur, teknik, dan konstruksi.
Pada 16 Desember 2013, Unity Technologies Jepang mengungkapkan karakter maskot resmi bernama Unity-chan (ユニティちゃん, Yuniti-chan), nama asli Kohaku tori (大鳥 , tori Kohaku) (disuarakan oleh Asuka Kakumoto [ja; zh]). Data permainan terkait karakter dirilis pada awal 2014. Karakter ini dirancang oleh desainer Unity Technologies Jepang "ntny" sebagai karakter pahlawan wanita sumber terbuka.[90] Perusahaan mengizinkan penggunaan Unity-chan dan karakter terkait dalam proyek sekunder di bawah lisensi tertentu. Misalnya, Unity-chan muncul sebagai karakter yang dapat dimainkan di Runbow.
sumber wikipediaCara Instal Unity 3D Menggunakan Unity Hub
Cara Instal Unity Hub Dan Mendapatkan Lisensi Gratis Unity 3D
Cara Membuat Project baru Game Android Dengan Unity 3D - Membuat Hello World
Cara Mengganti Kode Editor Yang Akan Digunakan Pada Unity 3D
Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010
Cara Membuat Huruf Atau Tulisan Di WhatsApp Menjadi Coretan Atau Tercoret
Cara Instal CodeIgniter 4 Menggunakan Composer
Mengubah pengaturan Startup Corel Draw X6
Mengenal Bagian Bagian Corel Draw X6
Kode Transfer Bank Di Indonesia