Pengertian Formula Atau Rumus Pada Microsoft Office Excel 2010

Apa itu formula atau rumus?

Rumus atau formula dalah perintah matematika yang dibuat di dalam sel atau range pada lembar kerja microsoft office excel 2010 dalam bentuk beberapa operator matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan.

Penulisan rumus harus diawali dengan lambang =(sama dengan).

Microsoft office excel 2010 membaca rumus yang dibuat dari kiri ke kanan menurut urutan tertentu dalam rumus tersebut.

Jika pada formula menggunakan beberapa operator, microsoft office excel 2010 menghitung dengan urutan operasi seperi berikut.
Contoh:

=5+3*7 hasilnya adalah 26
Proses hitungnya adalah 3*7=21 kemudian ditambah 5

=(5+3)*7 hasilnya adalah 56
Proses hitungnya adalah 5+3=8 kemudian dikali 7


Apabila rumus berisi operator yang memiliki tingkatan yang lebih tinggi misal perkalian dan pembagian excell menghitung dari kiri ke kanan.

Urutan penghitungan atau operasi dalam suatu rumus dapat diubah dengan cara memasukkannya dalam tanda kurung untuk diproses terlebih dahulu.

Nama nama operator dalam operasi rumus microsoft office excel 2010:

OperatorKeterangan
: (Colon) (space/spasi) ,(comma)Operator referensi.
- (Minus)Lambang nilai negatif.
%Persen.
Perpangkatan.
* dan /Perkalian dan pembagian.
+ dan -Penjumlahan dan pengurangan..
&Menggabung dua teks.
= ‹ › ‹= ›= ‹›Pembanding.

Semoga Bermanfaat..

Dictionary Plus+ ©2022