Mengenal Fungsi Operasi Untuk Statistik Pada Microsoft Office Excel 2010

Fungsi COUNTIF

Apa fungsi COUNTIF pada microsoft office excel 2010?

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range dalam kriteria tertentu.

Penulisan fungsi COUNTIF adalah seperti berikut:

=COUNTIF(range;criteria)

Penjelasan:

  • range
    adalah satu atau kumpulan beberapa sel yang akan dihitung jumlah selnya.
  • criteria
    Adalah syarat yang harus dimiliki akan dapat masuk hitungan.

Contoh:

Nilai dari sel:
A1=Mobil, A2=Motor, A3=Mobil, A4=Perahu, A5=Sepeda.
B1=20, B2=30, B3=40, B4=50, B5=60.

  • Mencari jumlah sel dengan nama data di dalamnya "mobil"
    =COUNTIF(A1:A5;"mobil")
    maka hasil yang diperoleh adalah 2. Karena ada dua sel dengan data di dalamnya "mobil".

  • Mencari jumlah sel yang data di dalamnya sama dengan data sel A4, yaitu "Perahu".
    =COUNTIF(A1:A5;A4)
    maka hasil yang diperoleh adalah 1. Karena hanya sel A4 yang memiliki data bernama "Perahu".

  • Mencari jumlah sel yang memiliki data sama dengan sel A2 yaitu "Motor" dan A3 yaitu "Mobil".
    =COUNTIF(A1:A5;A3)+COUNTIF(A1:A5;A2)
    maka hasil yang diperoleh adalah 3. Karena sel dengan nama "Motor" ada satu dan sel dengan nama "Mobil" ada dua.

  • Mencari jumlah sel pada range B1:B5 yang memiliki nilai lebih besar dari 30.
    =COUNTIF(B1:B5;">30")
    maka hasil yang diperoleh adalah 3.

  • Mencari jumlah sel pada range B1:B5 yang memiliki besar nilai sama seperti nilai pada sel B4.
    =COUNTIF(B1:B5;"="&B4)
    maka hasil yang diperoleh adalah 1. Karena hanya sel B4 yang memiliki nilai 50.

  • Mencari nilai pada range B1:B5 yang memiliki nilai tidak sama seperti nilai pada sel B4.
    =COUNTIF(B1:B5;"<>"&B4)
    maka hasil yang diperoleh adalah 4. Karena ada 4 sel yang memiliki nilai berbeda.

Semoga Bermanfaat..

Dictionary Plus+ ©2022