Mengenal Fungsi Matematika Dan Trigonometri Pada Microsoft Office Excel 2010

Fungsi SUM

Apa fungsi SUM pada microsoft office excel 2010?

Fungsi ini digunakan untuk mencari jumlah total pada suatu range.

Penulisan fungsi SUM adalah seperti berikut:

=SUM(number1;number2;...)

Penjelasan:

  • number1,number2,...
    Adalah 1 hingga 255 argument yang ingin dicari jumlah totalnya.

Contoh:

  • (untuk range berurutan menggunakan tanda (:)).
    Nilai dari sel A1 adalah 100, nilai dari sel A2 adalah 100, nilai dari sel A3 adalah 100, nilai dari sel A4 adalah 100.
    Apabila ingin mencari jumlah total dari range A1 sampai A4, caranya adalah:
    =SUM(A1:A4)
    apabila kita tekan enter maka hasilnya adalah 400.

  • (untuk range tak berurutan atau acak menggunakan tanda (;)).
    Nilai dari sel A1 adalah 100, nilai dari sel B9 adalah 100, nilai dari sel K12 adalah 100, nilai dari sel F7 adalah 100.
    Apabila ingin mencari jumlah total dari range-range tersebut, caranya adalah:
    =SUM(A1;B9;K12;F7)
    apabila kita tekan enter maka hasilnya adalah 400.

Semoga Bermanfaat..

Dictionary Plus+ ©2022