Cara Mengatur Perataan Teks Pada Microsoft Office Excel 2010

Data atau teks dalam suatu sel dapat kita atur perataannya misal ingin rata kiri atau kanan atau center terhadap posisi vertical maupun horizontal.

Cara melakukan pengaturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah sel atau beberapa sel (range)
  2. Klik tab Home→Alignment
  3. Lalu klik ikon perataan sesuai keinginan
    • Top Align
      Untuk membuat data atau teks rata atas terhadap sel.
    • Middle Align
      Untuk membuat data atau teks rata tengah terhadap sisi atas dan bawah sel.
    • Bottom Align
      Untuk membuat data atau teks rata bawah terhadap sel.
    • Align Text Left
      Untuk membuat data atau text menjadi rata kiri secara horizontal.
    • Center
      Untuk membuat data atau text menjadi rata tengah secara horizontal.
    • Align Text Right
      Untuk membuat data atau text menjadi rata kanan secara horizontal.
    • Orientation
      Untuk memutar posisi data atau text. Dapat juga untuk membuat posisi text menjadi vertical text.
    • Text Wrap
      Untuk mengubah posisi text menjadi beberapa baris, apabila panjang text melebihi lebar kolom sel.
    • Increase Indent
      Untuk menambah jarak text terhadap garis pinggir sel. Fungsi ini jika di gunakan akan membuat text menjadi rata kiri atau kanan. Apabila kita menggunakan fungsi Center maka fungsi Increase Indent akan hilang.
    • Decrease Indent
      Untuk mengurangi jarak text terhadap garis pinggir sel apabila kita telah menggunakan fungsi Increase Indent
    • Merge & Center
      Untuk menggabung beberapa sel terpilih kemudian menempatkan data pada bagian tengah sel hasil penggabungan data tersebut.
  4. Apabila text setelah diatur perataannya masih ada bagian yang tidak terlihat karana sel kurang tinggi, untuk menyesuaikan tinggi baris lakukan langkah berikut:
    • Klik tab Home→Cells, lalu pada drop down format pilih AutoFit Row Height.
    • Maka secara otomatis akan disesuaikan tinggi sel tersebut.

Semoga Bermanfaat..

Dictionary Plus+ ©2022