Cara Input Data Pada Microsoft Office Excel 2010

Input data teks pada microsoft office excel 2010

Jika kita mengetikan data diawali dengan huruf A-Z, atau gabungan antara huruf dan angka. Oleh excel akan dibaca sebagai data teks.

Dan ditampilkan dalam mode rata kiri dalam sel tersebut.


Input data angka pada microsoft office excel 2010

Jika kita mengetikan data diawali dengan angka dari dari 0-9 seluruhnya maka data yang dimasukan tersebut akan dibacai sebagai data angka.


Input data dengan formula pada microsoft office excel 2010

Formula dapat berupa kombinsai antara angka, operator matematika, operator perbandingan, fungsi, nama sel, atau nama range.

Operator matematika yang sering digunakan antara lain:

  • (+) operator untuk penjumlahan.
  • (-) operator untuk pengurangan.
  • (*) operator untuk perkalian.
  • (/) operator untuk pembagian.
  • (^) operator untuk perpangkatan.

Penulisan formula harus diawali dengan lambang =(sama dengan)

Contohnya: =A1+A2
Yang artinya nilai dalam sel A1 ditambahkan dengan nilai dalam sel A2


Input data tanggal pada microsoft office excel 2010

Penulisan data tanggal menggunakan bentuk penulisan DD-MMM-YY.
Dimana:

  • DD untuk tanggal.
  • MMM untuk bulan (penulisan secara kaidah internasional).
  • YY untuk tahun (berupa angka).

Penulisan setiap komponen dipisah mengganakan tanda - atau /

Contoh: 07-May-2015 atau 27/05/2015.


Input data jam pada microsoft office excel 2010

Bentuk penulisan data jam adalah HH:MM:SS

Dimana:

  • HH untuk Hour / jam.
  • MM untuk Minute / menit.
  • SS untuk Second / detik.

Contoh: 07:30:00 (setengah 8 pagi) atau 19:30:00 (setengah 8 malam)

Jika menggunakan AM atau AM, maka penulisannya dipisah menggunakan spasi.

Contoh: 07:30:00 AM (setengah 8 pagi) atau 07:30:00 PM (setengah 8 malam)


Input data dengan fungsi pada microsoft office excel 2010

Fungsi adalah formula yang disediakan oleh microsoft office excel 2010, yang dapat digunakan untul melakukan proses analisa data.

AVERAGE atau mencari rata rata

Sebagi contoh kita akan memasukkan data dengan fungsi AVERAGE atau mencari rata rata

Caranya adalah:

  • Misalnya kita akan mencari nilai rata rata dari beberapa sel untuk di letakan di sel J2. Contoh akan mencari nila rata rata dari sel G2 H2 dan I2. Disini kita akan menggunakan fungsi AVERAGE.
  • Caranya: ketik =AVERAGE(G2:I2) lalu tekan enter.
    Maka hasilnya akan erbaca di sel J2
  • Atau dengan cara lain, caranya adalah: ketik =AVERAGE(
    lalu blok atau seleksi dengan mouse sel G2 hingga I2, lalu tambahkan tanda ) (pada bagian formula bar) lalu tekan enter.
    hasilnya pada bagian formula bar akan tampak seperti ini =AVERAGE(G2:I2)

Semoga Bermanfaat..

Dictionary Plus+ ©2022